Rpp| Kkm Dan Promes Prota Ppkn Smp Kelas 9 Smp (Mts) Edisi Revisi 2017-2018 | Pola Soal Pelajaran Puisi Dan Pidato Populer

RPP , KKM DAN PROMES PROTA PPKN SMP KELAS 9 SMP (MTs) EDISI REVISI 2017-2018. RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau ludang kecepeh. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Rujukan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah dan Permendikbud No.103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara tidak ada yang kurang agar pembelajaran berlangsung secara interaktif , inspiratif , menyenangkan , menantang , efisien , memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif , serta memdiberikan ruang yang cukup bagi prakarsa , kreativitas , dan kemandirian sesuai dengan bakat , minat , dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Pengembangan RPPdilakukan sebelum semester atau tahun pelajaran dimulai , namun perlu diperbarui sebelum pembelajaran dilaksanakan.
Pengembangan RPP sanggup dilaksanakan oleh guru secara berdikari dan/atau berkelompok di sekolah/madrasah dikoordinasi , difasilitasi , dan disupervisi oleh kepalasekolah/ madrasah. Pengembangan RPP sanggup juga dilaksanakan oleh guru secara berkelompok antar sekolah atau antar kawasan dikoordinasi , difasilitasi , dan disupervisi oleh dinas pendidikan atau kantor Kementerian Agama setempat.
Pengembangan RPP yang dilaksanakan oleh guru , mesti mengintegrasikan dan memperkuat 4 hal penting sesuai ketentuan regulasi yang dilaksanakan oleh Kemendikbud , antara lain :
a. Memuat rancangan penguatan karakter , sesuai Perpres 87 tahun 2017 tentang penguatan Pendidikan Karakter berdasarkan karakteristik mata pelajaran masing-masing.
b. Memuat rancangan literasi sesusai kerakteristik mata pelajaran.
c. Memuat rancangan pembelajaran abad 21 (4 C) sesuai karakteristik mata pelajarannya. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP Kelas VII Tahun 2018
d. Memuat rancangan pembelajaran HOTS sesuai karakteristik mata pelajarannya.
Prinsip Penyusunan RPP. Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip selaku diberikut:
a. Perbedaan perorangan peserta didik antara lain kesanggupan permulaan , tingkat intelektual , talenta , potensi , minat , motivasi belajar , kemampuan sosial , emosi , gaya belajar , keperluan khusus , kecepatan berguru , latar belakang budaya , norma , skor , dan/atau lingkungan peserta didik.Partisipasi aktif peserta didik.
b. Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar , motivasi , minat , kreativitas , inisiatif , gagasan , penemuan dan kemandirian.
c. Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca , pemahaman beragam bacaan , dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
d. Pemdiberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemdiberian umpan balik konkret , penguatan , pengayaan , dan remedi.
e. Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD , materi pembelajaran , kegiatan pembelajaran , indicator pencapaian kompetensi , peskoran , dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. g. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu , keterpaduan lintas mata pelajaran , lintas aspek belajar , dan keanekaragaman budaya.
f. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi , sistematis , dan efek dan imbastif sesuai dengan suasana dan kondisi.
Komponen RPP. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah menyebutkan komponen RPP adalah selaku diberikut:
a. keterangan diri sekolah yakni nama satuan pendidikan;
b. keterangan diri mata pelajaran atau tema/subtema;
c. kelas/semester;
d. materi pokok;
e. alokasi waktu diputuskan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban berguru dengan mempertidak seimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang mesti dicapai;
f. tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD , dengan menggunakan kata kerja operasional yang sanggup diperhatikan dan diukur , yang termasuk perilaku , wawasan , dan keterampilan;
g. kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h. materi pembelajaran , menampung fakta , konsep , prinsip , dan prosedur yang berkaitan , dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
i. metode pembelajaran , digunakan oleh pendidik untuk merealisasikan suasana belajar dan proses pembelajaran biar peserta didik meraih KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang hendak dicapai;
j. media pembelajaran , berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
k. sumber berguru , sanggup berupa buku , media cetak dan elektronik , alam sekitar , atau sumber berguru lain yang relevan;
l. tindakan pembelajaran dilaksanakan lewat tahapan penlampauan , inti , dan penutup; dan
m. peskoran hasil pembelajaran.
UNDUH RPP , KKM DAN PROMES PROTA PPKN SMP KELAS 9 SMP (MTs) EDISI REVISI 2017-2018
RPP PPKN KELAS 9 BAB I (UNDUH)
RPP PPKN KELAS 9 BAB 2 (UNDUH)
RPP PPKN KELAS 9 BAB 3 (UNDUH)
RPP PPKN KELAS 9 BAB 4 (UNDUH)
RPP PPKN KELAS 9 BAB 5 (UNDUH)
RPP PPKN KELAS 9 BAB 6 (UNDUH)
PROTA PPKN KELAS 9 (UNDUH)
PROMES PPKN KELAS 9 (UNDUH)
FORMAT KKM PPKN KELAS 9 (UNDUH)
UNTUK UNDUH RPP , KKM DAN PROMES PROTA PPKN SMP KELAS 7 SMP (MTs) EDISI REVISI 2017-2018 ---DISINI---
UNTUK UNDUH RPP , KKM DAN PROMES PROTA PPKN SMP KELAS 8 SMP (MTs) EDISI REVISI 2017-2018 ---DISINI---
Demikian info wacana RPP , KKM , PROTA , PROMES PPKN SMP KELAS 9 SMP/MTS KURIKULUM 2013 Edisi Revisi 2017-2018. Terima kasih.
Tidak ada komentar untuk "Rpp| Kkm Dan Promes Prota Ppkn Smp Kelas 9 Smp (Mts) Edisi Revisi 2017-2018 | Pola Soal Pelajaran Puisi Dan Pidato Populer"
Posting Komentar